RakyatPro

BUKAN SEKEDAR BERITA

RAGAM

Waduh Data Kependudukan KTP El, NIK dan KK Marak di Perjual belikan, Tanggung Jawab Dukcapil Gimana??

Jakarta, Rakyat Pro selazimnya Negara menjamin rahasia data pribadi para warganya. Tapi apa jadinya kalau ada oknum justru memperjual belikan data pribadi?Berarti ini namanya sudah bukan rahasia lagi, berdasarkan info dan penelusuran RP jauh sebelum kasus ini viral di medsos. RP sudah cukup sering di mintain KTP dengan tujuan yang tidak jelas.
Rata – rata mereka yang berani berikan KTP akan di beri imbalan.Pemulang data biasanya mendekati orang terdekat dulu. Baru ketika sudah di rasa berhasil mereka mulai berani untuk minta KTP plus KK ke orang lain. Di samping itu maraknya pinjaman online dengan modal KTP saja, justru ini menjadi peluang oleh para pemulung data. Berbagi modus yang mereka tawarkan melalui situs jual beli hingga situs lowongan.Dan pemulang data mempunyai sampai jutaan Data KTP el, NIK dan KK.

Kasus ini mencuat bermula adanya cuitan @hendalm mengungkap informasi jual beli data NIK dan KK pada hari Jumat lalu ( 26 Juli 2019 ).Kalau sudah begini pihak terkait wajib menuntaskan kasus tersebut. Masalah KTP el, KK dan NIK merupakan kewenangan dari Dukcapil. Meskipun KTP el, KK hingga NIK sudah online ternyata masih ada celah untuk di salah gunakan. ( Team )

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *