RakyatPro

BUKAN SEKEDAR BERITA

SUARA RAKYAT

PT Jatisari Gresik Menyalahi Aturan Soal Bongkar Muat

Surabaya,Rakyat Pro dalam melakukan berbagai hal pastinya ada aturannya tidak asal. Begitu juga urusan bongkar muat di pelabuhan harusnya mengikuti tata tertib dari Dinas terkait.

Tidak seperti yang di lakukan oleh PT. Jatisari Gresik yang mana dalam aktivitas bongkar muat justru semuanya di lakukan di pelabuhan Surabaya. Padahal posisi dari Perusahaan berada di Gresik otomatis semestinya menggunakan pelabuhan Gresik.Meskipun ada perbatasan Surabaya Gresik yaitu Kali Lamong yang muaranya di Pulau Galang. Tapi PT satu ini dalam aktivitasnya justru tetap melalui jalur Surabaya.

Ada pun yang di muat oleh PT. Jatisari Gresik adalah Log kayu.Untuk memuat kayu itu harus mempunyai ijin? Tanpa di sadari PT. Jatisari sanggat merugikan para nelayan Romokalisari terutama TPI Romokalisari.

Beberapa nelayan Romokalisari yang berada di Kecamatan Benowo mengatakan mereka mengalami kesulitan ketika melintas ke jalur tersebut. Apalagi sampai abrasi di pantai Romokalisari tepatnya pas di TPI Romokalisari. Saat RP mencoba meminta konfirmasi kepada Vincensius Awey anggota DPRD dari Komisi C mengenai permasalahan tersebut mengatakan tempat bongkar muat memang di pelabuhan, bongkar muat tidak membedakan mana muatan kayu dan mana yang tidak, tinggal di lihat pelabuhan yang di maksud apakah memang memenuhi kriteria untuk berlabuhnya kapal besar? Kalau iya maka tidak jadi masalah dari sisi perijinan bongkar muat.

Kayu – kayu itu kan akan di muat ke kapal besar untuk melayani pengiriman. Berharap dinas terkait memberi perhatian atau solusi terhadap permasalahan tongkang yang memuat log kayu di wilayah tersebut agar tidak menganggu aktivitas para nelayan.( Team )

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *